PIETRIET

Adalah bahan rotan yang menyerupai lidi, umumnya dipergunakan dalam proses anyam yaitu memberi lapisan penutup pada mebel atau keranjang. Pietrit berasal dari jenis tumbuhan rotan kecil seperti sega, kubu, jawit dan beberapa dari bahan rotan batang seperti cl, lambang dan ambulu.
Pietrit terbagi dalam beberapa ukuran yang berbeda - beda yaitu ;
  • 1 - 2 mm
  • 2 - 3 mm
  • 3 - 4 mm
  • 4 - 5 mm
Dari jenis bahan rotannya pietriet memiliki sifat dan karakter yang berbeda beda:

Pietriet Sega : Memilki tekstur permukaan halus, getas atau mudah patah setelah kering, setelah direndam dalam air akan mengalami perubahan warna menjadi agak kemerahan, ringan seperti gelagah .

Pietrit Kubu :  Memilki tekstur kurang halus, getas atau mudah patah, jika direndam dalam air dalam waktu lama akan mengalami perubahan warna menjadi agak kebiuruan, ringan seperti gelagah.

Pietrit Jawit :  Memilki tekstur kurang halus, sangat getas atau mudah patah walaupun telah direndam dalam air pada saat digunakan, jika direndam dalam air dalam waktu lama akan mengalami perubahan warna menjadi agak kebiuruan, ringan seperti gelagah.

Pietrit Cl :  Memilki tekstur kasar kurang bagus, liat dan mudah patah terutama saat digunakan untuk membuat lilitan, warna coklat kasar, lebih berat. merupakan pietrit yang berkwalitas sangat rendah karena mudah terkena bubuk.

Pietrit Lambang:  Memilki tekstur kurang halus, liat dan tidak mudah patah, tidak mengalami perubahan warna saat direndam dalam air, berat dan kuat sangat baik digunakan untuk anyaman.